Profil

SEJARAH

Program S-2 Ilmu Hukum UGM diselenggarakan sejak tanggal 1 September 1980 (Tahun Akademik 1980/1981) sebagai bagian dari Lembaga Pendidikan Doktor UGM dan berada di bawah koordinasi Fakultas Pascasarjana UGM. Berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 580/Dikti/Kep/1993, maka mulai tahun akademik 1994/1995 diselenggarakan sebagai Program Studi Ilmu Hukum Program Pascasarjana UGM. Sejalan dengan perubahan status UGM menjadi BHMN serta mewujudkan Universitas Gadjah Mada sebagai Universitas Riset bertaraf international, maka berdasarkan Keputusan Rektor Universitas Gadjah Mada Nomor 89/P/SK/HT/2006, penyelenggraan program pasca sarjana yang bersifat monodisiplin pengelolaannya dilaksanakan oleh fakultas. Berdasarkan ketentuan tersebut maka Program Studi Magister Ilmu Hukum, Magister Kenotariatan, Magister Hukum, Magister Hukum Litigasi dan Magister Hukum Kesehatan diselenggarakan oleh Fakultas Hukum UGM.

Untuk memenuhi tuntutan masyarakat tersebut terhitung mulai Tahun Akademik 2008/2009 Program Studi Magister Ilmu Hukum merintis penyelengaraan pendidikan dengan sistem klaster, yang saat ini ada 7 (tujuh) klaster bidang ilmu, yaitu Klaster Hukum Keperdataan (meliputi: Hukum Perdata, Hukum Dagang, Hukum Islam), Klaster Hukum Kenegaraan (meliputi: Hukum Tata Negara, Hukum Administrasi Negara dan Hukum Pajak), Klaster Hukum Acara (meliputi: Acara Peradilan Umum dan Acara Peradilan Khusus), Klaster Hukum Internasional, Klaster Hukum Pidana, Klaster Hukum Adat, dan Klaster Hukum Agraria dan Lingkungan (meliputi: Hukum Agraria dan Hukum Lingkungan).

VISI dan MISI

Visi Program Studi Magister Ilmu Hukum Fakultas Hukum UGM yaitu menjadi Program Studi yang kompetitif dalam hal penguatan ilmu hukum dalam rangka mengabdi pada kepentingan bangsa dan negara.

Misi Program Studi Magister Ilmu Hukum Fakultas Hukum UGM yaitu :

  1. Menyelenggarakan pendidikan dengan menanamkan kemampuan akademis yang mendalam dan bersifat kritis, progresif, dan inovatif terhadap perkembangan ilmu hukum.
  2. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan kesadaran hukum masyarakat.
  3. Menyelenggarakan penelitian untuk mengembangkan ilmu hukum yang bermanfaat bagi masyarakat.

TUJUAN

Tujuan Program Studi Magister Ilmu Hukum Fakultas Hukum UGM adalah menghasilkan lulusan yang berkualitas dengan penguasaan ilmu hukum untuk memecahkan permasalahan hukum yang terjadi di masyarakat.